Menjaga Kesehatan Kulit Yang Benar Tiap Hari Di Tahun 2020

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang sehat? Pastinya semua orang ingin memilikinya terutama kaum wanita. Namun pada kenyataannya keinginan untuk memiliki kulit yang indah dan sehat juga tidak mudah. Dan sering kali lingkungan yang buruk juga data mempengaruhi kesehatan kulit, selain beberapa faktor alami bertambahnya usia. Taukah kalian, bahwa kulit dikatakan indah dan sehat jika sejalan dengan kebiasaan melakukan perawatan kulit, tentunya yang alami ya, jika menggunakan produk-produk yang terdapat bahan kimianya kemungkinan akan merusak kulit.
Kulit menjadi organ terbesar dalam tubuh dengan lapisan luar yang biasa disebut epidermis. Apa itu epidermis? Epidersmis merupakan bagian yang terpenting dalam melindungi kulit dari factor perusak yang di luar tubuh. Dibalik lapisan epidermis terbsebut terdapat lapisan dermis yang biasa disebut sebagai lapisan tengah dalam kullit.

Tahukah kalian didalam jaringan epidermis ternyata ada tiga sel pendukung seperti :
• Sel Keratinocyte, yang bertugas memproduksi protein keratin yang menjadi bagian paling utama dari epidermis itu sendiri.
• Sel Melanocyte, yang bertugas memproduksi pigmen di kulit atau biasa juga disebut melanin.
• Sel Langerhans, yang bertugas mencegah benda-benda asing memasuki kulit.
Sedangkan dilapisan dermis, terdapat protein kolagen dan elastin yang dapat memberikan struktur serta membantu kelenturan kulit sehingga dapat terlihat lebih sehat.

Tahukah kamu bahwa kulit mengalami regenerasi setiap 27 hari sekali. Meskipun begitu, selama hidup manusia, kondisi kulit tubuh akan berubah secara konstan, oleh karena itu lebih dianjurkan untuk mempertahankan kesehatan dan vitalitas organ pelindung yang satu ini dengan melakukan berbagai macam perawatn kulit secara rutin dan tentunya dengan bahan yang alami ya.

Apa Sih Faktor Penyebab kerusakan Kulit?

Tahukah kamu, selain factor menambahnya usia, factor lingkungan juga sangat berpengaruh pada perubahan kulit terutama yang dampak prosesnya alami. Sinar matahari merupakan salah satu penyebab utama daripada kerusakan kulit dikarenakan adanya kandungan sinar ultraviolet dan radikal bebas. Terkena paparan sinar ultraviolet yang sangat berlebihan dari matahari pada dasarnya bisa bersifat merusak kulit sama dengan efeknya yang dapat merusak kolagen dan elastin. Elastin adalah protein yang didalam jaringan kulit yang bisa membuat kulit teras lembut dan kenyal.

Sinar ultra violet juga sangat berpengaruh pada proses pigmentasi kulit. Nah, dalam hal ini. Sinar ultra violet mempunyai efek negatife yaitu bisa memicu tibulnya keriput, bitnik-bintik, bahkan sampai kanker kulit. Dan selain itu, kegiatan merokok dan menyebarkan polusi udara dapat mengurangi kolagen dan menyebabkan proses penuaan kulit premature.
Masih ada beberapa factor lingkungan lain yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Kalian tahu, ada lebih dari 3.000 alergen dan bahan iritatif yang sangat banyak tersebar di sekitar kita, terutama pada orang-orang yang kulitnya sensitive dan membuat kulit menjadi merah. Cara yang paling mudah untuk melindungi kulit yaitu dengan menghindari kontak dengan baha-bahan yang membuat alergen tersebut.
Bagaimana Melakukan Perawan Kulit Sehat Secara Alami?
Melakukan perawatan kulit sehat alami sangat mudah, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung antioksidan. Selain itu, produk-produk yang mengandung antioksidan juga baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Oleh karena itu, untuk menghindari kerusakan pada kulit akibat faktor buruk lingkungan, perlu dilakukan upaya-upaya perawatan kulit dengan produk perawatan kulit yang berguna untuk mendukung agar tetap sehat dan bersinar. Nah, beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan perawatan secara rutin diantara lain:
• Sering dan rutin membersihkan wajah, setidaknya sekitar dua kali dalam sehari. Dan pastikan untuk menghapus seluruh riasan wajah di malam hari sebelum pergi tidur. Gunakanlah pembersih yang lembut, yang tidak mengandung detergen serta pewangi. Usahakan pembersih wajahnya dari bahan yang alami.
• Menggunakan produk seperti pelembab
• Memakai tabir surya setiap hari meskipun tidak sering beraktifitas diluar ruangan. Pada kenyataannya, langkah perawatan ini yang sangat penting untuk dapat melindungi kulit. Jangan lupa, pilih tabir surya dengan kandungan bahan-bahan yang alami dan mengandung SPF minimal 15 atau 30 untuk dapat melindungi kulit dari sinar ultra violet A dan ultra violet B.
Mengonsumsi Makanan Yang Sehat Dan Usahakan Menghindari Stress Yang Berkepanjangan.
Nah, agar bisa mendapatkan perlindungan yang lebik efektif dan efisien, jangan lupa pilihlah produk pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Yah, meskipun apapun jenis kulit kita, jika memiliki kulit yang sehat dan bersinar merupakan hasil dari kebiasaan dan perawatan kulit yang alami dan sederhana.

TAGS : kesehatan kulit wajah ,kesehatan kulit kepala ,kesehatan kulit tubuh ,kesehatan kulit wanita ,kesehatan kulit pdf ,kesehatan kulit dan wajah ,kesehatan kulit wajah dan tubuh usia 40 thn ,kesehatan kulit menurut para ahli ,kesehatan kulit wajah pdf ,kesehatan kulit adalah ,info kesehatan kulit alergi ,kesehatan kulit pada anak ,vitamin untuk kesehatan kulit anak ,cara menjaga kesehatan kulit adalah ,cara menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari gangguan ekskresi ,artikel kesehatan kulit wajah ,kesehatan kulit badan ,menjaga kesehatan kulit bayi ,menjaga kesehatan kulit badan ,masalah kesehatan kulit bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *