Kesehatan dan Gizi Ibu Hamil

Kesehatan dan Gizi Ibu Hamil ! Kesehatan menjadi peran penting bagi tubuh setiap manusia. Terutama pada seorang perempuan yang sudah menjadi seorang istri dari suami dan ibu bagi anak-anaknya. Adakalanya gizi yang diterima seorang ibu yang sedang hamil tentulah berbeda dengan ibu ataupun perempuan lainnya. Gizi yang diterima oleh ibu hamil porsinya menjadi dua kali lipat yang harus ia masukkan kedalam perutnya. Tidak usah ditanyakan lagi, porsi yang lainnya untuk sang bayi yang sedang dalam kandungan.

Lalu, apa saja makanan yang harus diserap ibu dan anak supaya gizinya tetap seimbang ? berikut penjelasan singkantnya.

Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral merupakan zat yang penting bagi tubuh, bukan hanya untuk manusia, tetapi hewan pun sama. Terlepas dari hal itu, pertumbuhan yang mempengaruhi seorang janin yang berada dalam kandungan memicu lebih banyak hormon untuk menyerap gizi pada tubuhnya. Menjaga kesehatan dan gizi ibu hamil merupakan hal yang utama dan pokok.

Selain itu, jika seorang ibu kekurangan vitamin dan mineral, maka yang terjadi adalah anak yang dilahirkan bisa menderita bibir sumbing. Semua orangtua tidak ingin anaknya terlahir menjadi cacat bukan? Maka dari itu perlunya tindakan yang tepat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan

Hewani

Memakan beragam makanan hewani seperti daging-dagingan untuk menambah protein, dan juga pada ikan dan seafood sebaiknya tidak dihindari (bagi yang tidak punya riwayat alergi). Hal itu tentu saja menjadi kesehatan dan gizi ibu hamil yang cukup. Tetapi, yang harus diperhatikan adalah tidak memakan makanan hewani secara berlebihan. Disebabkan banyak faktor jika dilakukan dalam porsi yang berlebihan. Seperti, obesitas, kencing manis, diabetes dan sebagainya.

Adapun, hewani yang memilki nilai lemak tinggi mempunyai kadar yang berbeda. Sebaiknya, seorang ibu hamil dapat memilih dan memilah dengan benar setiap yang dimakannya.

Nabati

Pembentukan tulang dan otot seorang bayi diperlukan banyak unsur untuk memenuhi kebetuhannya. Salah satunya dengan pemberian gizi berupa protein nabati. Banyak sekali jenis nabati untuk kesehatan dan gizi ibu hamil, seperti kacang-kacangan.

Pernah melihat seorang ibu hamil meminum kotak minuman rasa kacang hijau atau kacang kedelai? Nah, hal itu memang benar sekali dilakukan seorang ibu hami. Pasalnya, kacang hijau mempunyai protein nabati yang berguna untuk memperkuat tulang. Terlebih, guna menjaga kesehatan, mencegah infeksi dan membuat bugar ibu hamil. Hal ini juga bisa dijadikan alternatif jika seorang ibu sedikit mual dengan meminum susu sapi, maka penggantinya bisa menggunakan susu kedelai. Meskipun, untuk sementara saja, tidak disarankan dalam jangka waktu yang panjang.

Karbohidrat

Setelah sebelumnya sudah dijelaskan mengenai vitamin, mineral, hewani dan nabati, karbohidrat pun sama pentingnya untuk gizi ibu hamil. Karbohidrat berfungsi menambah energi dan protein, tidak bisa hanya mengandalkan makanan hewani saja, karena tentunya hal itu berbeda. Jika kamu seorang ibu hamil yang merasa mual dengan nasi maka bisa diganti dengan kentang ataupun ubi-ubian. Jangan membawa pusing segala urusan ya ladies.

Dengan demikian, apapun yang kamu makan tidak boleh dilakukan berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan dan tubuhmu. Gizi ibu hamil jangan biarkan ambil pusing, tetapi jangan juga bersantai-santai saja, apalagi dinanti-nanti dengan alasan malas, sehingga makan dengan apa yang didepan mata. Seperti membeli jajanan kaki lima, makanan ringan pun masih diperbolehkan tetapi mempunyai batasan tersendiri. Maka dari itu, jangan lupa seimbangi gizimu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *